14 Juli 2024

Hape Samsung Galaxy series: Fitur Optimasi gambar yang menyebalkan

 Kalau kamu seperti saya, kamu pasti juga jengkel banget dengan fitur kamera atau pun gallery di smartphone Samsung yang satu ini. ya, fitur Image/ Picture optimization yang menyebabkan foto yang kita ambil akan berubah sesaat setelah kita kutip.

Dan ini sangat menjengkelkan karena proses optimasi ini malah seringkali membuat gambar atau  foto jadi blur.
Saya telah membaca banyak keluhan di forum-forum samsung.com dan bahkan di forum manapun di internet. Namun tidak menemukan solusi. Semua yang disarankan mulai dari merubah setting di gallery, katanya hilang "auto HDR", tidak bekerja. Kata forum yang lain, "setting kamera, Picture/ Intelligent Optimazion", juga gagal. Ada yang menganjurkan pakai godlock, camera assistant dsb. gaaa ada yang bisa menghentikan hal ini. Tetap terjadi, setiap selesai mengambil foto, sesaat kemudian foto tersebut berubah.

Bahkan, ketika mengambil foto dalam mode PRO sekalipun tetap diubahnya. "Sinting gak??!!". Bahkan dengan format RAW sekalipun tetap gak ngaruh. Pastikan, foto yang kamu kutip akan berubah sesaat kemudian.

Namun, saya berhasil menemukan cara untuk menghentikannya yaitu dengan mengubah permission aplikasi gallery terhadap "Photos and Videos" saya ubah jadi "limited" atau "Don't allow", setelah itu maka foto yang saya kutip akan sesuai dengan preview.

Namun ada kekurangannya karena dengan cara ini, akan muncul peringatan namun saya abaikan saja. Kalau diperlukan ada bisa memberikan kembali akses penuh kepada aplikasi gallery ini dan foto-foto yang sudah anda ambil sebelumnya akan tetap sama, aplikasi ini tidak akan menyentuhnya.

Semoga bermanfaat ya. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggap