12 Juli 2012

Loket362 vs BloggerHack

loket362 vs bloggerhack
Loket362 vs BloggerHack
Lucu juga melihat angka-angka ini, blog bloggerhack saya buat belakangan sekitar tahun 2008, tapi dengan bahasa inggris dan tema tertentu.

Blog Loket362 adalah blog pertama saya, saya buat sekitar tahun 2007, menggunakan bahasa Indonesia dan temanya macam-macam, alias tanpa tema.

Ternyata memang yang berkunjung dan klik iklan di BloggerHack lebih banyak daripada yang berkunjung ke loket362. Dalam beberapa bulan, page visit BloggerHack sudah mulai meninggalkan loket362, juga earning dari iklannya :)

Pelajaran apa yang bisa diambil?

Blog dengan tema yang menang
Sebaiknya memang sebuah blog mengusung tema tertentu, lihat saja buktinya, blog tematik vs yang tanpa tema, dimenangkan oleh yang memiliki tema. Saya tahu sampel yang ada terlalu   sedikit untuk digeneralisir. Tapi menurut  pelajaran demikian, dan ini hanya salah satu bukti.

Blog berbahasa Inggris yang menang
Saya pikir masuk akal, sebab audiens menjadi lebih besar dengan menggunakan bahasa Inggris. Pembaca Bloggerhack 40% berasal dari Inggris. Hanya 5% dari Indonesia.

Jadi kalau sekarang anda punya cukup penghasilan dari blog berbahasa Indonesia, saya yakin akan lebih banyak lagi kalau anda buat blog berbahasa Inggris. Senang bisa berbagi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggap