19 Juli 2013

Niche,,, degh

... kebanyakan blogger menganggap bahwa blog yang sukses adalah yang memikat, mempertahankan dan bahkan menambah pembaca fanatik yang terus menunggu kapan posting berikutnya keluar.. pembaca yang akan memberikan komentar dan berinteraksi dengan yang lainnya..

Di atas adalah terjemahan sederhana dari sebuah buku “Blogging for Dummies”. Memiliki blog seperti itu pastilah hal yang menyenangkan bagi seorang yang gemar membuat blog. Nah, dalam buku itu dibahaslah tentang NICHE, sebuah kata yang sangat sering kita temukan dalam bahasan-bahasan tentang bagaimana memulai sebuah blog.


Niche berarti peran atau tempat yang tertentu. Dalam terminologi blog, masih ada hubungan analogisnya, niche diartikan sebagai lingkaran yang membatasi apa saja yang menjadi pokok bahasan dalam blog tersebut, sehingga ia menjadi blog dengan peran yang tertentu (khusus).

Nilai penting niche dalam membuat blog, tentu masih bisa diperdebatkan. Tapi menempati posisi tertentu di blogsphere memang penting jika anda ingin diperhatikan dan menjadi besar. Hubungan anda dengan pembaca blog anda akan lebih mudah sebab tentu yang menjadi pembaca blog anda sebagian besar adalah orang-orang yang berada dalam niche anda. Menurut ahli SEO, blog dengan niche, kemungkinan besar akan menempati ranking yang lebih bagus dalam hasil pencarian dibandingkan dengan blog biasa. Suatu saat anda berniat meng”uang”kan blog anda, iklan dengan target tertentu akan dengan mudah ditayangkan di halaman blog  anda.

Namun, mengasuh si “niche” ini, mungkin bukanlah pekerjaan yang selalu mudah. Beberapa blogger bahkan merasa “terpenjara”, atau “tersudutkan” dalam membuat blog. Sebenarnya memang itulah tujuannya :).
Pada akhirnya, terserah pada anda, yang membuat blog. Apakah anda menginginkan niche atau mau “terbang bebas” tanpa tema?

Pilihan dan komentar anda saya nantikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggap