16 Februari 2012

Optimasi Keyword dengan Google Webmaster Tool

Optimasi Keyword Ternyata mendapatkan uang dari iklan di internet tidaklah semudah yang dijanjikan. Anda mungkin telah melakukan semua yang dikatakan dalam buku. Menulis dengan baik, mengedepankan isi tulisan yang bermutu, berguna dan layak dibaca, melakukan optimasi search engine, memanfaatkan media sosial, membuat desain yang sesuai dan seterusnya. Setelah melakukan hal tersebut, anda memang mendapatkan traffic yang besar…
Namun anda mungkin dihadapkan pada kenyataan bahwa klik pada iklan yang ditayangkan di halaman yang anda buat sedikit sekali.
Saya yakin ada banyak faktor lagi, yang terkadang di luar kendali kita. Salah satunya adalah niat pengunjung. Apa niat mereka, tentu sama sekali diluar kendali kita. Kalau mereka menemukan artikel yang menarik, lalu mereka membaca seluruh tulisan anda, mungkin saja. Tapi setelah melihat iklan yang tertayang, apakah mereka serta-merta akan melakukan klik?
Padahal bagi mereka yang menginginkan uang dari iklan yang terpasang di blog mereka, beginilah jalannya. Pembaca blog anda harus mengklik iklan yang ada, barulah anda akan mendapatkan komisi. Tapi klik pada iklan tidak semudah itu terjadi.
Banyak teman yang menawarkan rahasia, trik dan sebagainya. Tetapi kita harus berhati-hati, sebab kebanyakan tulisan atau tawaran layanan tersebut bisa membuat account adsense anda di-banned. Mereka kebanyakan melakukan black hat SEO, yang melanggar ketentuan. Jadi berhati-hatilah.
Jalan terbaik memang adalah menyediakan tulisan yang berguna bagi banyak orang dan menayangkan iklan yang relevan dengan isi tulisan. Dengan melakukan hal ini, pembaca akan lebih tertarik melakukan klik pada iklan tertayang, sebab sesuai dengan apa yang mereka cari.
Menggunakan tool seperti webmaster tool dari google atau layanan lain yang serupa juga bisa menjadi pilihan yang bagus. Melalui tool seperti ini anda bisa mengukur sisi-sisi paling menarik dari isi blog anda, sehingga anda bisa melakukan penyesuaian terbaik. Misalnya dalam webmaster tool anda bisa melihat kata kunci paling signifikan dalam blog anda. Anda kemudian bisa menentukan apakah kata kunci tersebut sudah sesuai dengan yang anda inginkan atau tidak. Bila belum, anda bisa mengedit tulisan-tulisan anda dan menyingkirkan kata kunci tidak relevan tersebut, lalu memasukkan kata kunci yang anda inginkan sebanyak mungkin, tapi ingat, isi harus tetap nomor satu. Mengulang-ulang kata kunci terlalu banyak tanpa maksud yang jelas justru bisa membuat blog anda di-banned oleh search engine. Bukan itu yang anda inginkan.
Setelah menyelesaikan optimasi ini, anda bisa menunggu google kembali ke blog anda ("crawling"), kemudian bisa anda lihat kembali melalui webmaster tool, apakah sekarang kata kunci paling signifikan dalam blog anda sudah sesuai dengan keinginan anda atau tidak. Lalu lakukanlah penyesuaian kembali.
Pada tulisan berikutnya kita akan mencoba melihat pemanfaatan webmaster tool untuk optimasi aspek lain dari blog kita.
Anda tentu punya pengalaman yang berbeda, atau pernah menggunakan tool lainnya, jangan ragu untuk berbagi dalam komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanggap